Google Luncurkan Satelit Mata-Mata GeoEye-1

Google tidak hanya berkecimpung dalam dunia maya, namun kini Google telah meluncurkan satelit yang diluncurkan, Sabtu (06/08), ke orbit dalam sebuah misi. Satelit tersebut dinamakan GeoEye-1. Sebenarnya tidak hanya Google, karena Google adalah bagian dari program NextView dari National Geospatial-Intelligence Agency milik Amerika, sebuah organisasi dot-mil yang dapat mengakses gambar satelit komersial agar dalam rangka memenuhi misi keamanan nasional. GeoEye, telah memenangkan kontrak senilai USD 500 juta dari NextView pda empat tahun lalu.

Namun, gambar GeoEye-1, menurut pihak Google, tidak akan ada di Google Earth dan Google Maps. Llogo corporate Google bahkan menghiasi peluncuran sebuah rocket, yang diberi nama Delta II, di bawah tulisan Boeing. Sergey Brin dan Larry Page, co-founder Google, telah berada di Vandenberg Air Force, California, Sabtu pagi, dalam peluncuran rocket Google yang pertama.

Pihak Google menambahkan, satelit GeoEye-1 sendiri pada Sabtu sorenya sudah terlepas dari second stage rocket Delta II dan kemudian masuk ke system onboard-nya. GeoEye-1 akan berada di sekitar bumi dalam kecepatan 4.5 mil per detik, untuk mengambil gambar dalam warna hitam dan putih dari jarak 423 mil dari bumi. Kamera yang ada pada Geo-Eye-1 dapat membedakan object di lapangan hingga ukuran paling kecil, 16 inch. Namun, karena ada keterbatasan dari pihak pemegang lisensi dari Amerika, maka GeoEye-1 mungkin tidak mampu menampilkan gambar yang lebih tajam daripada itu. Sementara itu, satelit GeoEye-2 menurut jadwal akan meluncur pada tahun 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: