Terapi Sakit Kepala

Sakit kepala (pusing, pening, migrain, stress) merupakan jenis penyakit yang paling populer Saat sekarang. Apalagi dalam situasi dan kondisi krisis moneter, untuk hidup, cari nafkah, makan dan minum, harus musti sakit kepala (karena bekerja keras) terlebih dahulu. Dan jelas yang berpotensi mengalami penyakit ini hampir 100% manusia yang telah dewasa/yang bekerja.

Nah, berikut ini ada beberapa sumber/faktor yang jadi penyebab sakit kepala (pusing, pening, migrain, stress) itu antara lain yaitu:

  1. Sakit kepala akibat tekanan perasaan/emosi.
    Sakit kepala ini muncul akibat tekanan macam-macam perasaan yang meledak seperti: terlalu histeris/shock berat, dll dan tentu saja (pepatah humor) “jangan marah nanti cepat tua”
  2. Sakit kepala akibat penyakit dan haid.
    Banyak sekali penyakit (menyerang dalam tubuh seperti: darah tinggi, kelebihan kolesterol, jantung, dll) yang bisa menyebabkan sakit kepala, selain itu (dari luar tubuh) pula seperti: kutu, ketombe, sakit gigi bisa menyebabkan sakit kepala. Sedangkan Haid ini bukanlah penyakit, ini adalah suatu proses alamiah dalam tubuh perempuan (wanita) dewasa.
  3. Sakit kepala akibat capek/kelelahan.
    Aktifitas kerja yang berlebihan, serta perjalanan jauh yang melelahkan (bila tidak tahan, juga dapat menimbulkan sakit kepala.)
  4. Sakit kepala akibat alergi makanan, minuman, dan lain-lain.
    Seperti: tidak tahan minuman keras, bir, kebiasaan obat-obatan, bau-bauan tidak enak, dan lain-lain.
  5. Sakit kepala akibat ketegangan
    Seperti; Keram kepala, benjol, kesalah an melakukan aktifitas olahraga, posisi tidur yang salah, kecelakaan olahraga,

Tentu seperti kata pepatah “mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati”. Di sini ada 2 petunjuk terapi untuk sakit kepala sebagai langkah perawatan terbaik pencegahan (sakit kepala) agar jangan sampai muncul.

Tips terapi 1: Hal-hal yang harus dihindari, untuk mencegah timbulnya sakit kepala hingga sekurang-kurangnya, yaitu:

  1. Memaksakan diri sendiri dan terlalu sibuk serta merasa susah, bila kerjaan belum selesai. Dan pada pokoknya, segala kegiatan yang melebihi batas kesanggupan dan hal-hal bisa membebani pikiran.
  2. Hal-hal yang sangat mengganggu diri/kesehatan, seperti:
    – melihat sesuatu hal yang menyilaukan atau melelahkan mata terlalu lama. Contoh: terlalu lama nonton tv/di depan komputer
    – keributan, ramai percakapan, suara bising yang mengganggu pendengaran;
    – asap dan bau-bauan yang tidak disenangi atau mengganggu hidung.
    Dan lain-lain yang merupakan hal-hal mengganggu emosi dan kesehatan.
  3. Makanan/minuman merugikan kesehatan serta kebiasaan minum obat, seperti:
    – Minum-minuman keras; selain tidak baik bagi kesehatan, jelas-jelas dilarang agama;
    – Kebiasaan minum obat apalagi untuk penyakit yang tergolong ringan
    – Kebiasaan makan-makanan yang merangsang sakit kepala/alergi;
    – Menambah veksin/penyedap rasa terlalu banyak dalam makanan; dan
    – Merokok, jika masih belum kecanduan. Biasanya bila perokok (sehari) tidak merokok, akan cepat sakit kepala.

Tips terapi 2: Hal-hal yang perlu dilakukan, untuk mencegah sakit kepala, yaitu;

  1. Selalu meluangkan waktu istirahat sejenak dalam beraktifitas. Ukurlah seberapa kemampuan diri (dalam beraktifitas), berapa lama sanggup bekerja. Sebelum lelah, istirahatlah sejenak. “Kerjalah yang serius tapi santai”.
  2. Selalugunakan waktu untuk tidur cukup nyenyak setiap malam. Juga bila memungkinkan, gunakan juga waktu siang.
  3. Jika (berketombe/kepala gatal) mandilah dengan keramas kepala teraturdengan shampo anti ketombe.
  4. Pandailah mengontrol emosi, belajarlah ber-sabar, bisa mengendalikan diri, kapan bisa peduli, juga tidak perduli.
  5. Hiburlah diri dengan sifat humor dan canda dengan teman-teman, keluarga, siapapun dimana saja. Jadikanlah sebagian dalam sifat pribadi. Nonton film lawak dan bacalah cerita humor, cukup membantu. Tetapi kontrollah, mungkin tertawa terbahak-bahak, kadang-kadang bisa juga menyebabkan sakit kepala.
  6. Rajinlah menyikat gigi teratur, buat kesehatan. Memangnya cuma “daripada sakit hati lebih baik sakit gigi” (Lagunya bang Meggi Z). Kebalikannya, bila sakit gigi, tersinggung sedikit bisa tambah stress.
  7. Berolahraga yang sehat, dan makan yang sehat, seimbang, bergizi, dan vitamin.
    Makanan yang sehat dan baik itu yang tinggi kadar proteinnya, berserat, rendah lemak, tinggi zat besinya, dst.. Tapi ingat “Makan, minumlah dan janganlah berlebih-lebihan.”
  8. Jagalah posisi tidur yang baik
    Posisi tidur yang baik, hadap ke arah kanan, baik untuk jantung…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: